RSS

Heboh UKT di PTN

1320523-kum-uang-kertas-rupiah-p

Apa sih sebenarnya UKT itu? Kok bisa ya bikin heboh? Mungkin sedikit ulasan saya bisa menambah pengetahuan Anda para pembaca.

Nah ini dia, check it out…..

Uang Kuliah Tunggal atau biasa disingkat UKT merupakan biaya kuliah yang harus dibayar oleh mahasiswa baru angkatan 2013 di PTN. salah satu PTN di jogja yang akan memberlakukanUKT ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ternyata UKT ini banyak menimbulkan pro kontra di kalangan pelanggan pendidikan terutama mahasiswa lho. Pihak pro setuju akan diberlakukannya UKT ini, sedangkan pihak kontra sangat menentang pemberlakuannya karena dirasa biaya tersebut bukannya meringankan beban mahasiswa tetapi justru sangat membebani mereka.

UNY sendiri juga sudah menetapkan besaran nilainya UKT. besarnya nilai tersebut disesuaikan dengan progam studi yang telah ada. TEMPO.COYogyakarta (13/02/2013) setelah melakukan wawancara dengan pihak UNY didapatkan data bahwa bagi mahasiswa baru di jurusan berkategori sosial dan bahasa, biaya kuliah per semester sebesar Rp 2,6 juta. Sementara bagi yang mengambil program di kategori MIPA, Olah Raga dan Seni nilai  biayanya Rp 3 juta. Sedangkan bagi pengambil program vokasi atau teknik, nilai biayanya per semester Rp 3,5 juta.

Sebenarnya, pemberlakuan UKT oleh UNY itu didasarkan pada kebutuhan operasional universitas dan besaran subsidi pemerintah yang diterima oleh UNY pada tahun ini. Anggaran biaya untuk UNY tahun ini mengalami pengurangan sehingga untuk menyiasatinya, diberlakukanlah UKT itu. Biaya itu akan menjadi satu-satunya uang pembayaran kuliah yang disetor mahasiswa baru. Meskipun begitu, jika dihitung-hitung antara biaya UKT dengan biaya kuliah tahun sebelumnya akan tetap lebih mahal biaya UKT.

Lalu, sikap seperti apa yang sebaiknya kita ambil ni?

Menurut saya karena ternyata pemberlakuan UKT itu dilakukan karena hubungannya dengan ketersediaan anggaran dana Universitas, jadi sah-sah saja jika UNY memberlakukan UKT tersebut, toh semua biaya tersebut dipergunakan seutuhnya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswanya seperti kegiatan praktikum dan lain sebagainya. untuk itu kita sebagai mahasiswa harap maklum atas peraturan baru ini, yang terpenting kualitas pendidikan di kampus kita akan tetap terjamin.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2013 in pendidikan

 

Tags: , , , , , ,

Kurangnya Figuritas yang Patut dicontoh Penyebab Tawuran di Kalangan Remaja

13541624352076693093Para ahli pendidikan berpendapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun, yang ditandai dengan terjadi perubahan pada dirinya baik secara fisik, psikis, maupun secara sosial. Pada usia tersebut, seorang anak sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi dari anak menuju dewasa, yang ditandai dengan kecenderungan munculnya perilaku menyimpang, yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, dan dapat juga melanggar aturan dan norma yang ada di masyarakat. (Karimis, 2012)

Hal ini terjadi karena mereka memang sama-sama masih dalam masa mencari identitas dan pola hidup melalui metoda coba-coba, walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan-kesalahan yang menimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering disebut sebagai kenakalan remaja. Salah satu bentuk perilaku menyimpang remaja itu adalah adanya terjadi tawuran antarpelajar. Bahkan bukan “hanya” antar pelajar SMU/SMK, tapi juga sudah melanda sampai ke kampus-kampus.

Ada yang mengatakan bahwa tawuran itu merupakan sebuah proses di usia remaja untuk mencari jati diri. Saya sepakat jika usia remaja adalah sebuah fase  untuk mengekspresikan darah muda mereka. Tapi, saya kurang sepakat jika hal itu harus dilampiaskan dalam bentuk tawuran karena bisa merusak otak. Pertumbuhan remaja yang baik itu seharusnya dengan menanamkan kreativitas, bukan adu otot atau adu nyali. Penyebab penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di kalangan remaja mungkin  berasal  pola kehidupan masyarakat kita.

Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2013 in Opini, pendidikan

 

Tags:

Profesi dari Segala Profesi Itu Mimpiku

kelas-dan-kantor3

Penulis, pelukis terkenal, dokter, presiden, aktivis dan artis merupakan sebagian kecil dari cita-cita atau mimpi kebanyakan orang. Mimpi adalah sesuatu yang wajar yang dimiliki oleh setiap orang. Begitu pula aku, yang hanya seorang manusia biasa juga mempunyai sebuah mimpi.

Dulu sewaktu aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar, aku memiliki sebuah mimpi. Setiap ditanya apa mimpimu, jawabanku selalu “guru”. Entah mengapa kata “guru” begitu melekat dalam benakku. Mungkin karena pesona, karisma  dan pembawaannya saat mengajar atau menerangkan lah yang menginspirasiku.

Profesi guru bagi sebagian orang dianggap hal yang biasa, padahal menjadi guru yang profesional tidaklah mudah, dari mulai ia belajar di bidangnya, sampai ia mulai bekerja. Guru yang profesional adalah guru yang mengerti jelas profesinya. Ia harus bisa membagi waktu antara urusan pekerjaan dan urusan pribadi. Ditambah lagi guru harus bisa menghadapi murid-muridnya yang nakal, bandel dan susah diatur. Menjadi guru memang harus super sabar dan berjiwa besar. Seperti apa negeri ini nantinya sangat bergantung pada setiap pendidik dan pengajarnya, karena guru adalah profesi dari segala profesi.

Sepertinya aku tidak perlu menjadi penulis terkenal, karena tulisanku kelaki sudah pasti akan terkenal di kalangan anak-anak didikmu, jika aku adalah seorang guru. Aku  juga tidak perlu sedih jika tidak menjadi dokter, karena dengan menjadi seorang guru, aku pasti bisa menyembuhkan kebodohan di negeri ini. Seseorang yang awalnya tidak dapat menulis, sekarang dapat menulis, yang awalnya tidak bisa membaca sekarang bisa membaca. Intinya selalu ada perubahan dari yang tidak bisa menjadi bisa. Menjadi Putri Indonesia pun tidak perlu, karena jika aku berdiri di depan kelas, semua mata sudah pasti akan tertuju padaku. Hehe…

Sampai saat SMA pun mimpi itu belum juga berubah. Guru tetap berada di urutan nomor satu, sepertinya kata itu sudah melekat di otak, mengalir dalam darah di sekujur tubuhku. Aku mulai mengasah soft skill untuk bekalku menjadi guru profesional kelak

Namun seiring berjalannya waktu, aku ingin bisa menjadi sesuatu yang lebih, bukan sekedar menjadi seorang guru di lingkungan sekolah, tetapi mencakup seluruh plosok negeri, aku ingin bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sampai sekarang ini masih jauh dari sempurna. Aku juga ingin mensejahterakan kehidupan seluruh guru di Indonesia.

Pahlawan tanpa tanda jasa, begitulah ia disebut-sebut. Jasanya tak kan terlupakan, sebagai penerang dalam kehidupan

Bermimpi apapun itu sah-sah saja, tidak harus menjadi seorang guru kok karena setiap orang di dunia ini pasti memiliki mimpi yang berbeda-beda. Yang harus kamu ketahui dalah mimpi itu bukan untuk disimpan dalam angan-angan, tetapi mimpi adalah sesuatu yang harus diwujudkan. Bermimpilah, berusahalah, berdoalah dan dapatkan itu. Semangattttt kawan 😀 …!!!

 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2013 in pendidikan, story

 

Tags: , , , , ,

Latihan Nge-Blog bareng Pak Dosen

imajinasi yaa             Pertemuan kedua makul TIK di Laboratorium Komputer IPA 2. Pak Dosen nyuruh mahasiswanya nge-posting sesuatu, yang real karya mahasiswa, gak boleh plagiat bukan blogger sejati katanya. Sampailah tulisan ini yang ngawurnya minta ampun, bingung gak ada yang diangan-anganin jadi ya asal nulis aja. images1.jpg

              Ada sekitar 25 mahasiswa putri di sini dengan satu orang putra, satu-satunya,, bayang pun. Tak tik tak tik, pada sibuk ngetik semua, suaranya kemana-mana mengganggu konsentrasi nih. Eh ada yang nyontek juga, dikiranya ujian apa. ada juga yang tulisannya ditutupin, helooo… orang tar juga bakal diposting, satu dunia juga pada tau semua kali, hoho.

             Udah yaa segini aja mengawali tulisan gaje bin asal ini. Niatnya mau buat tulisan science gitu, secara sesuai jurusan. Eh gak taunya jadi begini. semoga aja terbitan-terbitan berikutnya bakal lebih mendidik dan menginspirasi heheimages1.jpg

 
Leave a comment

Posted by on March 7, 2013 in story

 

Tags: , ,

Printer Awet

Gambar

SAAT MEMAKAI

PRINTER

  • Saat menggunakan printer, tutup kecil tabung infus sebaiknya dibuka
  • Saat tidak digunakan, tutup kecil dan besar tabung infus harus ditutup rapat
  • Lakukan isi ulang tinta saat tinta sudah mencapai ¼ tabung, dengan cara buka tutup tabung besar dan kecil kemudian masukan tinta melalui lubang botol besar. Setelah itu tutup kembali kedua lubang tabung
  • Biasakan membeli tinta dengan merk yang sama
  • Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus, dianjurkan printer istirahat setelah mencetak 20 lembar
  • Matikan printer dengan tombol power dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power supply printer tidak cepat rusak
 
2 Comments

Posted by on March 6, 2013 in Uncategorized